Permainan Kartu Gambar Umbul Ketika Masa Kecil

 

Satu lagi permainan yang mengingatkan saya ketika waktu kecil. Nama permainan tersebut adalah umbul (bukan umbul sidomukti). Permainan ini sangat seru apalagi dimainkan dengan banyak teman-teman. Teknis permainannya juga sangat mudah, dengan bermodalkan beberapa kartu gambar sebagai senjata / gaco kita sudah bisa bermain. Mari kita kupas tuntas tentang apa itu permainan umbul dan ada apa di dalam permainan tersebut?

Permainan Jadul Umbul

Bahan: Kartu gambar yang sudah dipotong kecil-kecil sesuai garis.
Dengan menggunakan Gaco / senjata dari kartu bergambar "biasanya dipilih yang dianggab paling menangan dengan kita" setiap anak pasti memiliki standar masing-masing untuk memilih gaco / senjatanya. Umbul ini dimainkan dengan menggabungkan 2 atau lebih kartu gaco kemudian di lempar keatas dan dibiarkan jatuh sampai ke tanah. Dalam kartu gambar tersebut pasti akan ada sisi depan (bergambar) sisi belakang (bermotif). Jika ada kartu yang jatuh ke tanah dengan posisi depan diatas maka kartu itu menang, begitu juga sebaliknya jika menghadap belakang maka kartu itu akan kalah.

Tidak menutup kemungkinan kartu itu menghadap depan semua, jika ini terjadi maka diulang kembali sampai ketemau siapa yang menang. Bagi yang bermain umbul ini dengan jumlah banyak orang maka yang kalah pertama akan menunggu giliran sampai babak berikutnya.

Permainan ini cukup mudah dan pastinya seru untuk dimainkan. Biasanya ada juga dengan sistem tepuk tangan. Caranya yaitu harus dilakukan oleh 2 orang, satu tangan pemain harus melakukan tepuk tangan dengan pemain lainnya (seperti TOS bro). Namun dalam genggaman tangan tersebut sudah ada 1 kartu gambar sebagai gaco kita. Pernilaiannya juga sama, setelah TOS maka biarkan kartu gambar tersebut jatuh ke tanah dan dilihat kartu mana yang menghadap dengan dan mana yang menghadap belakang.

kartu permainan umbul

Manfaat Bermain Umbul

Banyak juga jika kita ingin membedah fusngsi dan manfaat dari permain umbul ini, diantaranya:

  • Belajar jujur, karena ada beberapa khasus kartu gambar tersbut ditempel bolak-balik depan semua, jadi mau bagaimanapun hasilnya ketika jatuh ketanah maka sisi depan yang selalu berada di atas. (kedua sisi sama-sama gambar depan)
  • Belajar bersosialisai, dalam pertumbuhan anak diperlukan untuk bermain dan bersosialisasi untuk mencari teman dan hidup dalam kehidupan sebayanya. Oleh sebab itu dengan bermain umbul maka akan bertambah juga teman anak tersebut.
  • Belajar menerima keputusan, baik menang ataupun kalah itu bukan masalah yang penting adalah sportifitas (kalah menang sudah biasa)
  • Membangun keceriaan anak, ketika bermain dengan anak seumurnya maka ia akan mendapatkan keceriaan yang berbeda dibanding bermain dengan anak-anak yang tidak sebaya / seumuran

Tips: Jangan melakukan kecurangan dengan membuat gambar depan di kedua sisinya.

Biasanya yang kalah akan memberikan kartu gambarnya kepada si pemenang, jumlah kartu yang diberikan juga beragam menyesuaikan kesepakatan di awal. Keuntungannya jika banyak menang, maka akan banyak juga kartu yang didapatkan dan tidak menutup kemungkinan yang kalah dan habis kartu gambarnya akan membeli beberapa kartu dari kita "nambah-nambah uang jajan :-)"

Pengalaman pribadi dengan umbul yang masih teringat sampai sekarang yaitu tidak mau mengalah kepada adik saya sendiri (setelah dewasa baru sadar ternyata saya egois) Wkwkwkwkww......

No comments:
Write komentar