Sejarah, Teknik, Modifikasi Lomba Balap karung Indonesia

 

Halo, selamat pagi, siang, sore, dan malam netizen semua. Kali ini olx-game ingin berbagi sedikit mengenai perlombaan BALAP KARUNG yang biasanya wajib untuk dimainkan ketika memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia tanggal 17 Agustus.

Sedikit informasi mengenai sejarah, teknik, dan beberpa modifikasi yang dilakukan oleh beberapa pihak terkait untuk memeriahkan lomba tersebut. Langsung saja untuk yang pertama mari kita tengok bersama informasinya lebih lanjut dibawah ini:

Sejarah Lomba Balap Karung

sejarah lomba balap karungAda banyak versi mengenai sejarah lomba balap karung ini sendiri, sebelum olxgame merangkumnya untuk anda, beri kesempatan sebentar untuk membagikan pengalaman pribadi ketika mendengarkan pidato dari salah satu tokoh tetua di daerah saya. Pada intinya sejarah balap karung ini yaitu untuk memperingati bagaimana kerja keras dan ekonomi lemah ketika masa penjajahan dahulu. Karung adalah satu-satunya barang yang bisa dimanfaatkan bagi sebagian besar warga Indonesia yang kurang mampu untuk dijadikan pakaian penutup badan. Setelah beberapa waktu berselang (mungkin setelah kemerdekaan) untuk memperingati masa-masa sulit dalam perjuangan itu diadakanlah lomba balapan menggunakan karung. Karung yang biasa digunakan jaman dahulu yaitu karung goni yang terbuat dari rajutan alami (bukan karung beras anyaman plastik yang banyak beredar sekarang ini).

Menurut beberapa sumber yang ada di google.com ada beberpa sejarah dan asal-usul mengenai lomba balap karung antara lain mengatakan bahwa permainan ini dibawa oleh Belanda masuk kedalam Indonesia masa penjajahan, dan mulai diperkenalkan ke berbagai tempat baik di sekolahan, instansi, desa, dll.


Entah mana yang benar, namun pada intinya mari kita lestarikan sekarang dan untuk anak cucu kita nanti agar pengorbanan para pahlawan Indoneisa berperang melawan penjajah tetap bisa kita abadikan dan kenang sepanjang masa.

Teknis Cara Bermain

Perlengkapan

  • Tali garis pembatas: tali ini bisa menggnakan rafia, berfungsi untuk memberi batas mulai dari start, finish, batas masing-masing peserta.
  • Peluit: peluit digunakan untuk memberi tanda mulai dan selesai
  • Karung: Karung ini adalah alat paling utama, karena pemain harus masuk dalam karung biasanya setengah badan dan mulai berlomba

Cara Main
  • Semua perlengkapan di siapkan dan ditata sesuai tempat
  • Karung dilipat sama antara satu dengan lainnya
  • Pemain barus pdi belakang garis batas mulai
  • Peluit dibunyikan
  • Pemain berlari untuk mendapatkan karung dan memakainya di kaki
  • Pemain mulai bergerak (bisa melompat atau melangkah) untuk menuju garis finish
  • Pemain tidak boleh melanggar satu dengan lainnya
  • Siapa cepat mencapai garis finish dialah juaranya

Permainan balap karung ini biasanya akan menarik banyak penonton, karena jenis perlombaannya yang sangat seru dan membutuhkan tenaga serta kesimbangan baik. Jika ada yang terjatuh maka ini akan menjadi ajang tawa di semua sisi penonton dan pastinya perlombaan akan semakin seru.

Kita bisa mengambil pelajaran dalam perlombaaan balap karung ini, diantaraya:
  1. Percaya diri, karena permainan ini biasanya sendiri maka pemain secara tidak sadar harus PD untuk masuk ke arena perlombaan
  2. Disiplin dan konsentrasi, pemain harus konsentrasi ketika mulai permainan dan disiplin dalam berjalan sesuai jalur yang ditentukan
  3. Mengetes fisik, fisik sangat dipengaruhi disini, biasanya yang berbadan besar akan leih sulit bergerak dibanding yang langsing
  4. Mental, pastinya siapapun yang berada di depan mata orang lain dengan jumlah banyak akan membutuhkan mental yang kuat agar di tetap percaya dini dan konsentrasi

Modifikasi Lomba Balap Karung

Dengan perkembangan jaman maka kini perlombaan balap karung sudah tidak seperti biasa lagi. Banyak sekali inovasi baru untuk memodifikasi perlombaan ini yang bertujuan agar lomba balap karung semakin meriah dan menarik untuk dimainkan dan ditonton.

  • Balap karung estafet, jadi peserta dibuat peregu bisa 2-4 orang. Model permainnya yaitu dengan estafet
  • Balap karung kelereng, permainan ini menggabungkan antara lomba lari kelereng dan balap karung. Setelah peserta menyelesaikan lari kelerengnya maka langsung disambung dengan balap karung. Sebenarnya permainan gabungan ini pbukan hanya untuk lari kelereng saja bisa juga menggabungkan dengan lainnya seperti memasukan benang dalam jarum feat balap karung, makan kerupuk feat balap karung, dll.
  • Balap karung Helm, permainan ini yaitu menambah atribut helm sebagai pelengkap. Jadi pemain harus menggunkan karung beserta helm dalam perlombaan.

Siapa saja yang bisa bermain?


Semua kalangan baik anak kecil, remaja, dewasa, tua bisa melakukannya. Tidak juga melihat jabatan, siapapun bisa mengikuti perlombaan ini dari pengemis hingga presiden. Dilihat dari kualitas muka juga tidak ada yang membedakan baik jelek atau cakep semua bisa ikut (cuma mungkin kalau yang main cakep akan banyak penontonnya) Hehehe...

No comments:
Write komentar