PERMAINAN JADUL LOMPAT TALI DAN TAHAPANNYA

 

Siapa yang tidak kelanal dengan permainan satu ini. Permainan ini sangat populer dimasa kecil saya dulu, tapi mungkin tidak begitu saat akhir-akhir ini. Mungkin ini sudah mulai tergeser dengan adanya game online yang mudah didapatkan siapa saja.

OLX game ingin memberikan sedikit informasi mengenai permainan jaman dulu yaitu LOMPAT TALI. Permainan ini pada dasarnya kita harus bisa melewati rintangan tali sesuai dengan tahapannya. Jika ada yang tidak bisa maka akan kalah dan sebagai hukumannya akan menjadi tiang pemegang tali tersebut. Mari langsung saja kita bahas detailnya di sini.

Isi Lompat Tali:
  • Karet gelang
  • Orang minimal 3 orang

Caranya main:
  1. Susun dan gandengkan karet gelang satu demi satu sehingga membentuk untaian panjang sekitar 2 meter
  2. Pingsut cari pemenang dan yang kalah
  3. Yang kalah harus 2 orang memegang ujungnya dan tarik sehingga agak kencang
  4. Yang menang melompati tali dengan beberapa tahap

Tahapan dalam Lompat Tali antara lain:
  1. Di jari kaki, jaman dulu dibilang "SeRi" artinya yaitu sama dengan tali ditaruh di jari-jari kaki, disini yang melompat tidak boleh mengenai tali tersebut (masih sangat mudah)
  2. Di dengkul / lutut, jaman kecil saya dibilang "sedeng" yang artinya sama dengan dengkul. Ditahap ini badan dan baju dari yang melompat tidak boleh mengenai tali
  3. Di alat kelamin, jaman dulu dibilang "SeTem" yang artinya berada pas di Tem "sensor", di tap ini juga masih sama pelompat tidak boleh mengenai tali karet itu
  4. Di pinggang, jama dulu dibilang "SeUdel", artinya tali diletakan di daerah pinggang atau dekat dengan udel / pusar kita, Ditahap ini pelompat baru moleh mengenai tali namun tidak boleh menggunakan tangannya.
  5. Di leher, dulu disebutnya "SeGul", artinya tali diletakan di gulu / leher. Disini juga sama, pelompat boleh menyentuk tali dengan kaki, namun belum boeh dengan tangan
  6. Di Kepala, dulu disebut "SeTuk", artinya tali diletakan di Batuk / kepala. Tahapan ini juga masih sama, bahwa pelompat hanya bisa menggunakan kakinya saja yang menyentuh tali.
  7. Di atas kelapa 1 jengkal, ini namanya "SeKil", artinya satu kilan / jengkal dari kepala. Dari tahap inilah pelompat bisa menggunakan bantuan tangannya untuk meraih tali agar lebih rendah dan mudah dilompati
  8. Terakhir yaitu di Ujung Tangan, Dulu Disebut "SeLangit" karena ini puncak paling tinggi. Jadi sang pemegang tali harus mengacungkan tali ke atas setinggi mungkin ada yang sambil jinjit ada yang tidak, dan pelompat harus bisa melewatinya. Disini pelompat bisa menggunakan bantuan tangan seperti tahap ke 7.
Bagi pelompat yang lolos maka dia akan mendapatkan 1 point sampai permainan selesai dan siapa yang mendapatkan point terbanyak. Permainan ini juga bisa dimainkan beregu. Namun jika pelompat sekali saja gagal untuk melompat maka sudah selesai pertandingan itu dan pelompat digantikan oleh yang memegang tali.

Manfaat Lomba Lompat Tali
  • Meningkatkan Ketepatan
  • Meningkatkan Ketelitian
  • Meningkatkan Kerjasama
  • Meningkatkan Kejujuran
  • Meningkatkan Kedisiplinan

Sekarang mari kita lihat permainan ini dalam bentuk ilustrasi gambarnya seperti dibawah ini:

1. Siapkan gelang karet dan kaitkan satu sama lainnya

karet gelang lompat tali

karet gelang dikaitkan


2. Mainakan bersama teman sesuai petunjuk tahapan permainan diatas

permainan lompat tali

permainan lompat tinggi tahap tinggi

Demikianlah informasi mengenai permainan jaman dulu lompat tali dengan menggunakan karet gelang dengan beberapa tahapan yang biasa saya mainkan jaman dulu waktu masih kecil. Masih banyk lagi informasi tentang permainan di Olx game ini, jadi carilah disini untuk menmbah informasi tentang berbagai macam permainan mulai dari yang ringan hingga yang berat.

No comments:
Write komentar